Sabtu, 21 Desember 2013

Resep Membuat Kimchi


Aannyyeoonngg…
Bagaimana eksperimen seperti Kimbap dan Bimbibap, teman – teman kali ini saya akan berbagi resep untuk membuat Kimchi, yang satu ini bahan utamanya adalah sawi putih, di jamin dech teman –teman terasa berada di Korea.. hehehe… setelah mencoba masak dan makan masakan ini. Yyyuummmyyy..Ayo kita lihat bahan – bahannya..
KIMCHI
Siapa sich yang ga tau Kimchi ? kimchi kalo di rumah makan Korea, di berikan secara gratis sebagai pelengkap makanan, kalau di Indonesia, init uh seperti layaknya acar timun atau acar lain yang juga dikasih gratis kalau makan nasi goring, sebenarnya ada lebih dari 200 jenis kimchi di Korea. Tapi kali ini kita bakalan coba bikin kimchi sawi putih, yang bahan – bahannya umum dengan masyarakat Indonesia.

Bahan –bahan :
1 buah sawi putih

½ buah bawang Bombay, iris tipis
⅟₄ batang lobajputih, iris tipis
3 batang daun bawang
2 sendok makan bawang putih parut
1 sendok the jahe parut
½ gelas bubukcabai korea
1 ½ sendok the garam
1 sendok makan wijen goring
1 gelas air
¼ cangkir kecap ikan korea




Cara membuat :
·         Sawi putih di belah dua, biarkan utuh cuci dengan air sampai bersih secara keseluruhan, baik luaran atau dalamnya sawi.
·         Rendam sawi dalam larutan tiga genggam garam dan air hangat selama 4 jam sampai sawi terlihat layu
·         Cuci lagi sawi dengan air sampai bersih hingga kelipatan lipatannya agar garamnya hilang.
·         Saatnya membuat bumbu, bumbu terdiri dari gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, kecap ikan dengan sedikit garam campurkan seluruh bahan kemudian balurkan bumbu hingga menutup semua bagian sawi dan bagian dalamnya gulung sawi dan dan ambil lembar terakhir mengikatnya
·         Kimchi sudah jadi…

Selamat untuk mencoba…^_~
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar