Sabtu, 05 Januari 2013

TRAVELLING MUSEUM WAYANG


Jika anda bingung ingin beliburan yang muah dan terjangkau cukup datang ke kota tua. Tempat wisata ini sangat terjangkau, murah dan mendapatkan ilmu pengetahuan di masa lalu seperti kota tua yang berada di Ibu kota Jakarta, di sana terdapat gedung – gedung tua peninggalan para penjajah, salah satu tempat yang saya kunjungi yaitu museum wayang di sana terdapat banyak wayang – wayang yang dapat kita temui, dahulu sebelum menjadi museum wayang dahulunya tempat ini adalah geraja yang di bangun pada tahun 1640 dengan nama oude Holondsche Kerk. Bangunan gereja ini dahulunya pernah hancur akibat gmpa bumi.

 
 Pada tahun 1957 gedung ini diserahkan kepada lembaga kebudayaan Indonesia dan pada tanggal 17 september 1962 di berikan kepada Departeman pendidikan dan kebudayaan RI yang selanjutnya di serahkan kepada pemerintah DKI Jakarta pada tanggal 23 juni 1968 untuk di jadikan museum wayang. Museum ayang diresmkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta bpk. H. Ali sadikin pada tanggal 13 agustus 1975 dan sejak 16 september 2003 mendapat perluasan bangunannya dari bpk H. Probosutejo.
Para pengunjung di museum wayang di ajak ntuk mengenal berbagai karakter. Sikap maupun perilak lakon dari berbaga daerah malalui tampilan wayang yang mempunyai bobot yang luhur dan tinggi nilainya dalam budaya kita dengan menyaksikan sejumlah koleksi wayang. Seperti wayang kulit, wayang golek, patung wayang, topeng wayang, dan lain – lain masih banyak wayang yang kita dapat temukan di museum wayang.

Secara periodic museum ini juga mengadakan pegelaran wayang yang dapat dinikmati pada hari libur seperti pada hari Minggu pada jam 10.00 – 14.00 WIB. Dan lebih hebatnya lagi wayang Indonesia telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 november 2003 di kota Paris.


Harga tiket masuk museum wayang :
·         Dewasa           : Rp. 2.000,-
·         Mahasiswa      : Rp. 1.000,-
·         Anak – anak   : Rp.   6.00,-
Waktu kunjungan :
·         Selasa – minggu                       : 09.00 – 15.00 WIB
·         Senin                                       : tutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar